" Salam Pramuka "

Kamis, 17 Februari 2011

Upaya meningkatkan Minat Menjadi Pramuka Siaga dan Pramuka Penggalang


Upaya meningkatkan Minat Menjadi Pramuka Siaga dan Pramuka Penggalang dengan strategi pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan ( PAKEM ). Dapat memberikan pengalaman yang bermakna pada peserta (bersahabat, menyenangkan, dan bermakna), sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dengan demikian, dalam pembelajaran/latihan tersebut Pembina harus dapat mengupayakan untuk melibatkan peserta didik, sehingga peserta didik dapat belajar dengan aktif, kreatif, dan menyenangkan. Sehingga dapat tercipta pembelajaran PAKEM, yaitu Pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan.
  • Aktif dalam proses pembelajaran Pembina harus mampu menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga peserta didik aktif  bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasannya.
  • Kreatif, di mana Pembina mampu menciptakan kegiatan latihan/belajar yang beragam, sehingga memenuhi dan mampu memberikan pelayanan pada berbagai tingkat kemampuan peserta didik.
  •  Efektif, dimana Pembina mampu memamfaatkan waktu untuk mencapai tujuan yang di harapkan. Yang akhirnya menghasilkan pengalaman baru yang cenderung permanen bagi peserta didik.
  • Menyenangkan, dimana Pembina mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga peserta didik memusatkan perhatian secara penuh.

Dengan demikian “ PAKEM “ merupakan suatu upaya atau strategi latihan/pembelajaran yang dapat menciptakan suasana latihan menjadi berkesan, beragam, dan menyenangkan dengan cara melibatkan peserta didik, sehingga peserta didik dapat bereksplorasi untuk mengemukan gagasannya sesuai dengan tujuan Gerakan Pramuka yang terdapat pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

Walaupun dalam praktek latihan di lapangan, para Pembina masih banyak yang merasa belum memahami bagaimana cara meningkatkan minat menjadi Pramuka Siaga dan Pramuka Penggalang Dalam Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Pembina tetap harus berusaha untuk bisa mengajak peserta didik untuk berlatih dan belajar dalam mendidik dan membimbing peserta didik Pramuka Siaga dan Pramuka Penggalang. Untuk bisa menghasilkan peserta didik yang berguna bagi nusa, bangsa dan agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar