" Salam Pramuka "

Kamis, 17 Februari 2011

Metode Latihan Pramuka Siaga dan Penggalang Yang aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan


Dengan cara pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM), yang mana dapat memberikan makna pada peserta didik yang menyenangkan, bersahabat sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dimana Pembina diusahakan untuk dapat mengupayakan dan melibatkan peserta didik, sehingga peserta didik dapat mengikuti latihan dengan aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM). Dimana Pembina bisa menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga peserta didik aktif bertanya dan mengemukan gagasannya. Selain itu juga Pembina dituntut untuk kreatif, yang bisa menciptakan suasana latihan yang beragam dan menarik bagi peserta didik. Dan efektif dalam memanfaatkan waktu untuk mencapai hasil latihan yang baik yang dapat memberikan pengalaman bagi peserta didik. Selain itu juga Pembina diusahakan untuk bisa menciptakan suasana latihan yang menyenangkan bagi peserta didik, yang akhirnya peserta didik tidak merasakan bosan atau jenuh dalam mengikuti latihan pramuka Siaga atau Pramuka Penggalang.

                    Metode dan alat yang dapat digunakan dalam menyajikan kegiatan Pramuka Siaga dan Penggalang adalah :
1.    Bermain, yaitu didalamnya disajikan dalam bentuk permainan bermain sekehendak hati tetapi mempunyai sasaran dan tujuan serta ada aturan permainan yang harus didikuti.
2.    Menyanyi, karena dengan nyanyian dapat digunakan untuk menyajikan bahan latihan Pembina Siaga/Penggalang. Sebagai awal penyemangat bagipeserta didik.
3.    Lomba, dengan lomba dapat digunakan untuk menyajikan bahan latihan dan menggairahkan serta memberi semangat pada peserta didik.
4.    Bermain,  yaitu melakukan peran tertentu sebagai penanaman suatu sikap yang telah Pembina tanamkan, yang mengandung pendidikan bagi peserta didik.
5.    Bercerita,  karena cerita merupakan hal yang menarik bagi Pramuka siaga.
6.    Kerja Kelompok, yaitu Barung Siaga dapat diberikan tugas untuk untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Yang dikerjakan bersama-sama kelompoknya.
7.    Surprise, yaitu dapat diadakan pada waktu tak diduga-duga oleh peserta didik, contoh : Pemberian hadiah ulang tahun.
8.    Demonstrasi, yaitu memperagakan sesuatu dihadapan anak yang ada kaitan dengan bahan latihan, contoh : Senam lantai, berenang dan senam TBB (tarian baris berbaris ).
9.    Menirukan, yaitu Pembina memberi contoh dan peserta menirukan.
Contoh : Mengajarkan lagu-lagu Nasional dan lagu-lagu pramuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar